UPTD Dikpora sosialisasikan EDS/M


SAMPIT – Sebanyak 23 Kepala Sekolah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD dan 7 pengawas TK/SD Kecamatan Baamang mengikuti sosialisasi tentang Evaluasi Diri Sekolah/Madrasyah (EDS/M) yang disampaikan oleh Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Baamang, Suriansyah Indar bertempat di SDN 6 Baamang Tengah.
Sebagai penyampai materi, dia menguraikan tentang 8 standar yang harus dipenuhi oleh masing-masing sekolah. Delapan standar itu meliputi, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Baamang, Suriansyah Indah memaparkan, semua hasil EDS/M yang telah diisi oleh masing-masing kepala sekolah akan dikembalikan ke UPTD Dikpora Kecamatan Baamang. “Masing-masing sekolah mengisi blanko instrument tentang 8 standar dan sesuaikan dengan sekolahnya misalnya, apakah sekolah tersebut telah memiliki kurikulum atau belum. Dan harus ada bukti fisiknya,” ungkapnya kepada Radar Sampit usai menyosialisasikan EDS/M kemarin (7/6).
Setelah instrument itu diisi dan dikembalikan ke UPTD Dikpora Kecamatan Baamang, lanjutnya, kemudian akan dibuat monitoring sekolah oleh Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah. “Disitulah kembali akan dibuat agregasi atau kesimpulan penilaian tentang EDS/M dan dilaporkan ke Tim Pengembangan Kabupaten (TPK) dan dilanjutkan ke Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalteng,” ujar Suriansyah.
Dia menambahkan, dari hasil itulah Pemerintah Daerah bisa menyimpulkan dan membuat kebijakan bidang pendidikan lebih lanjut. “Kita harapkan instrument yang diisi oleh masing-masing sekolah itu disesuaikan dengan yang ada disekolah tersebut,” harapnya. (arifin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat TK Negeri Pembina Sampit

Bupati Kotim Lantik Lurah Baamang Barat dan Tanah Mas

SMPN 9 Sampit sabet 3 juara