Lomba Baca Puisi dan Bercerita Khusus Guru










SAMPIT – Ada yang unik dalam rangka HUT PGRI diadakan oleh PGRI Cabang Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kamis (20/1) bertempat di SMAN 1 Cempaga.

Keunikan itu ada pada saat lomba baca puisi dan bercerita. Biasanya yang mengikuti kegiatan tersebut kebanyakan para pelajar. Nah, kali ini yang jadi pesertanya adalah para guru Sekecamatan Cempaga.

Jumlah peserta yang mengikuti lomba baca puisi sebanyak 35 guru dari 4 kecamatan 17 sekolah mulai jenjang SD-SMA sedangkan lomba bercerita diikuti 17 guru dari 12 sekolah 3 kecamatan.

Mengenai lomba bercerita ada beberapa cerita tentang rakyat daerah Kalteng yang sudah ditentukan pihak panitia kegiatan diantaranya Terjadinya Pulau Hanaut dan Pulau Lepeh, Danum kaharingan belum, dan Sangumang dan lacahaci.

Yang lebih menarik, ada sebagian peserta memakai jasa pemain alat musik dayak untuk menginstumentkan ketika guru tersebut mulai bercerita seolah-olah yang mendengarkan alur ceritanya ikut langsung merasakannya.

Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah menarik sesuai dengan urutan juara diantara hadiah Juara I piala+uang Rp750 ribu, Juara II piala+uang Rp500 ribu, Juara III piala+uang Rp300 ribu, Harapan I Rp200 ribu, Harapan II Rp150 ribu, Harapan III Rp100 ribu.

“Kriteria yang dinilai untuk lomba baca puisi yakni, ekpresi, intonasi, irama dan rima esdangkan lomba bercerita, ekpresi, properti,” ungkap ketua PGRI Kecamatan Cempaga, Herman Yudianto kemarin.

Menurut Herman, perlombaan tersebut yang diikuti oleh guru adalah merupakan ide-ide dari dewan guru dengan tujuan untuk menggali kreatifitas guru melalui baca puisi dan lomba bercerita.

“Kegiatan baca puisi dan bercerita itu merupakan kegiatan pertama yang diadakan di oleh PGRI Kecamatan Cempaga dan selanjutnya akan mengadakan kegiatan serupa bukan hanya ditingkat guru-guru melainkan juga kesiswa,” jelas pria berkumis ini.

“Kedepan PGRI Kecamatan Cempaga akan mengadakan perlombaan lain pada peringat Hardiknas, dan hari guru serta HUT PGRI,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua pgri kabupaten Kotim Drs HM Yusuf menyambut baik kegiatan tersebut dan diharapkan bisa dilanjutkan lagi pada event-event yang lain.

“Harapa saya, kegiatan yang diadakan di PGRI Kecamatan Cempaga dapat menjadi contoh bagi cabang PGRI lainnya,” ujarnya.

Ketua panitia Rakimin melaporkan bahwa sumber dana kegiatan lomba baca puisi dan lomba bercerita itu diambil dari dana PGRI Kecamatan Cempaga, bantuan UPTD Dikpora Kecamatan Cempaga, PGRI Kabupaten, dan sumbangan dari seluruh guru-guru Sekecamatan Cempaga. (fin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat TK Negeri Pembina Sampit

Bupati Kotim Lantik Lurah Baamang Barat dan Tanah Mas

Cerita Sehari di Kecamatan Antang Kalang