Kasek SMK minta alat praktik dilengkapi


SAMPIT – Ada hal menarik yang diungkapkan Kepala SMK di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini. Mereka meminta kepada instansi terkait untuk melengkapi alat praktik disekolah.
Bukankah, sekolah kejuruan merupakan sekolah yang mencetak generasi siap pakai dalam dunia kerja namun keberadaan sekolah tersebut alat praktik masih minim sehingga berdampak pada kualitas anak didik terutama dalam penguasaan kerja karena tanpa diimbangi alat praktik yang lengkap dan memadai.
Seperti kita ketahui, Kotim telah memiliki sekitar 21 SMK yang tersebar hampir ditiap Kecamatan akan tetapi alat praktik masih minim. “Pemerintah Daerah semestinya konsisten melengkapi sarana dan prasarana sekolah bahkan alat praktiknya. Itu sangat terasa sekali bagi sekolah kejuruan sehingga dikhawatirkan mutu pengetahuan siswa tentang kejuruannya kurang optimal,” ungkap Kepala SMKN 3 Sampit Mulyadi belum lama ini.
Selain alat praktik minim, lanjutnya, tenaga pengajarnya juga kurang terutama guru produktif yang sesuai dengan bidang studinya. “Guru produktif sangat minim dan kebanyakan tidak sesuai dengan bidang studinya sehingga ini termasuk salah satu kendala terhadap mutu pendidikan,” ujar mantan Kepala SMK Santo Yosef ini.
Apa yang diungkapkan Kepala SMKN 3 Sampit diatas, dibenarkan Kepala SMK Bakti Mulia Sampit I Nyoman sueta. Dia menambahkan, bukan hanya masalah alat praktik dan guru produktif di SMK tetapi hendaknya juga diperhatikan masalah guru kontrak yang kurang perhatian dari pemerintah setempat. “Guru kontrak itu perlu juga diperhatikan karena peran mereka sama dengan PNS,” urainya.
Disamping itu, lanjut mantan guru produktif SMKN 2 Sampit ini, kurang berpihaknya pemerintah daerah dan instansi terkait terhadap sekolah swasta. Padahal, sekolah swasta perannya sama dengan sekolah negeri yang ikut membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. “Sekolah swasta juga perlu diperhatikan karena perannya sama dengan sekolah negeri lainnya,” pungkasnya. (arifin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat TK Negeri Pembina Sampit

Bupati Kotim Lantik Lurah Baamang Barat dan Tanah Mas

SMPN 9 Sampit sabet 3 juara