Begini Manfaat Musik Instrumen Dalam Belajar












SAMPIT – Ada hal menarik pada saat acara seminar yang diungkapkan narasumber Maestro Trainer Self Devolopment Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si di gedung serbaguna yang dihadiri sekitar 500 guru dan kepala sekolah.

Dia mengungkapkan, pada saat proses belajar mengajar, dia menganjurkan guru agar menggunakan musik instrumen pada saat belajar sehingga akan terlihat lebih konsentrasi.


Siswa bukan hanya mendengarkan suara gurunya yang menjelaskan didepan kelas melainkan akan membuat otak kiri dan kanan akan bekerja dengan baik.

“Catatannya, bukan memeperdengarkan musik yang berlirik melainkan hanya musik instrumen,” ujarnya dihadapan yang hadir saat itu kemarin (19/5).

Mengingat, kata Akhmad, musik berlirik itu akan ditangkap otak kanan sehingga akan terjadi tabrakan dengan otak kiri.

“Akan lebih menggunakan musik instrumen daripada berlirik,” tegasnya.

Disamping itu, Akhmad juga berpesan kepada tenaga pendidik dan kependidikan agar melakukan evaluasi diri selama membina dan membimbing anak didik.

“Lakukan evaluasi bagaimana cara kita mengajar selama ini tidak menutup kemungkinan cara mengajar maupun sikap terhadap anak didik kita salah sehingga berdampak pada psikologis dan menurunnya potensi anak itu sendiri,” pintanya.

Sebagai tenaga pendidik, menurutnya, tidak mesti mengejar kesejahteraan semata karena tugas seorang guru adalah untuk membina dan membimbing serta mencetak generasi yang berguna bagi bangsa dan negara ini.

"Buat apa kita mengajar mulai pagi hingga sore kalau bukan demi anak didik kita supaya dia menjadi anak yang berguna. Berusahalah tetap ramah terhadap anak didik,” sarannya. (fin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat TK Negeri Pembina Sampit

Bupati Kotim Lantik Lurah Baamang Barat dan Tanah Mas

SMPN 9 Sampit sabet 3 juara