Ingin berhasil terapkan 5 janji siswa


SAMPIT – Ada hal menarik yang disampaikan Kapolres Kotim AKBP Abdul Hasyim kepada siswa saat menjadi pembina upacara di SMKN 1 Sampit dalam rangka menyerahkan trophy dan piagam kepada siswa yang berprestasi. Dia berpesan, ingin berhasil dalam mengejar cita-cita terapkan 5 janji siswa.
Lima janji siswa itu antara lain, pertama bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengamalkan pancasila dan UUD 1945, kedua menghormati orangtua dan guru, ketiga belajar dengan rajin dan bersungguh-sungguh, mentaati tata tertib dan menjaga nama baik sekolah kelima, meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama siswa.
Hasyim menjelaskan, kelima janji siswa itu saling erat kaitannya misalnya, ketika mau belajar harus rajin dan giat serta betul-betul semangat dan bersungguh-sungguh. Apabila ini tidak diterapkan harapan untuk mengejar cita-cita itu akan kandas.
Dia lantas mencontohkan, ada 3 siswa SMKN 1 Sampit jadi juara ketika mengikuti lomba cerdas cermat yang diadakan di aula Mapolres Kotim. “Ini bukan rekayasa, ini bukti nyata prestasi yang diukir siswa SMKN 1 Sampit yang betul-betul menerapkan belajar rajin dan bersungguh-sungguh,” ucap mantan Kapolres Pulang Pisau ini.
Selain menjelaskan panjang lebar, pria asli Palembang ini juga mengimbau kepada seluruh siswa agar menjauhi narkoba karena dia menilai salah satu kandasnya cita-cita adalah ikut terjerumus memakai dan mengkonsumsi barang haram yang peredarannya telah dilarang pemerintah. “jangan terbawa arus sehingga cita-cita yang ada didiri kalian (siswa) akan hilang karena dijemput ajal,” ujarnya.
Namun Hasyim mengakui, tidak mudah untuk mengendalikan diri seusia pelajar karena mereka memang lagi asik mencari jati diri. “Memang cukup susah untuk mengendalikan diri seumur kalian (siswa) ini. Akan tetapi, dengan komitmen yang tinggi mari kita canangkan dalam diri sendiri untuk meraih dan mengejar cita-cita sesuai dengan keinginan masing-masing salah satunya menerapkan 5 janji siswa yang telah kalian ucapkan ketika mengadakan upacara bendera setiap senin pagi,” tegasnya.
Hasyim juga telah menjanjikan, kepada siswa yang berprestasi akan mendapatkan SIM gratis tanpa lagi melalui ujian maupun tes tertulis. “Saya berpesan, hindari narkoba dan pergaulan bebas, munculkan prilaku yang baik dan teruslah bersemangat untuk meneruskan perjuangan demi mengejar cita-cita,” pintanya. (arifin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat TK Negeri Pembina Sampit

Bupati Kotim Lantik Lurah Baamang Barat dan Tanah Mas

SMPN 9 Sampit sabet 3 juara